TINGGALKAN RUTINITASMU DAN NIKMATI ALAM TORAJA (BAG.2)

06 Jul 2018   Ku Ka   Saatnya Lokal   Dibaca : 2984 kali.
Tinggalkan Rutinitasmu dan Nikmati Alam Toraja (Bag.2)

Lanjut lagi yuk bertualang di Toraja. Berikut ini rekomendasi wisata alam lainnya yang bisa kamu kunjungi di sana.


Tilanga’


Foto: wisatalengkap.com


Tilanga’ adalah nama lokasi sumber mata air alami yang jaraknya sekitar 15 km dari Kota Rantepao, Toraja Utara. Mata Air Tilanga’ berjarak sekitar 15 Kilometer dari ibukota Rantepao, Ibukota Toraja Utara. Di lokasi mata air tersebut jika beruntung, kamu akan menemukan Masapi (belut purba yang ‘berkuping’). Belut tersebut tidak boleh diambil karena menurut mitos, hewan tersebut merupakan penunggu mata air yang mendatangkan malapetaka jika diambil. Terdapat juga kolam pemandian alam sehingga diperbolehkan untuk berenang namun tidak diperkenankan menggunakan segala yang bersifat detergen karena akan merusak lingkungan sekitar.


Pango-pango
 

Foto: primanews.co


Keunikan wisata alam Pango-pango yakni agrowisata di “atas awan” dengan berbagai macam perkebunan seperti kopi, jagung, cokelat serta sayur-mayur organik. Tanaman-tanaman tersebut secara tradisional dikelola masyarakat sekitar. Kamu juga bisa memetik sendiri hasil kebun di sana atau menikmati secangkir kopi khas Toraja.


Bori Kalimbuang
 

Foto: kumparan


Di Bori Kalimbuang, selain hamparan sawah dan pegunungan yang memanjakan mata, kamu juga bisa melihat lebih dari 100 batu menhir yang berasal dari era megalitikum. Menhir merupakan sebutan untuk batu tegak yang dipasang untuk pemujaan pada nenek moyang. Kamu bisa menemukan banyak spots fotografi yang kece di sana.


Danau Limbong
 

Foto: kabartoraja.com


Danau Limbong, merupakan danau kecil yang terletak di wilayah Rantepao, Toraja Utara, Keunikannya adalah lokasinya yang berada diantara tebing-tebing dengan air berwarna biru kehijauan.


Lemo
 

Foto: nl.dreamstime.com


Lemo merupakan wilayah yang terdapat sebuah kuburan di tebing bukit batu yang diperkirakan sudah ada sejak abad ke-16 dan menjadi makam para kepala Suku Toraja. Kubur batu tersebut menyatu dengan pemandangan hamparan sawah yang menghijau. Lebih dari 70 buah lubang batu kuno menempel di dindingnya di bagian depan terdapat patung kayu (tau-tau) yang dibuat mirip dengan wajah orang yang meninggal dan dikuburkan di tempat ini.


Londa
 

Foto: kompasiana.com


Londa adalah gua alami yang menjadi kuburan bagi suku Toraja. Kumpulan peti-peti jenazah tersusun rapi baik yang baru maupun yang telah lama. Kamu juga akan melihat kumpulan tengkorak dan tulang belulang dari peti yang telah hancur. Kalau ke sini siapkan mental sekalian uji nyali ya karena kamu akan menyusuri gua yang di dalamnya banyak tersimpan tengkorak manusia. Dalam gua tersebut, kamu juga akan menemukan sepasang tengkorak yang selalu bersama yang diyakini dulunya adalah Romeo dan Juliet versi Toraja yang meninggal karena bunuh diri bersama.


Di bulan Juli ini juga ada Toraja International Festival yang menampilkan atraksi budaya Toraja dan Internasional:


Yuk, ambil waktu sejenak untuk berlibur ke Toraja!


Foto sampul: pedomanwisata.com



(Frans Palangan)

Comments
Use a Facebook account to add a comment, subject to Facebook's Terms of Service and Privacy Policy. Your Facebook name, photo & other personal information you make public on Facebook will appear with your comment, and may be used on Starvision's media platforms. Learn more.