6 PERMAINAN TRADISIONAL YANG BIKIN KANGEN MASA KECIL

23 Jul 2018   Ku Ka   Saatnya Lokal   Dibaca : 2759 kali.
6 Permainan Tradisional Yang Bikin Kangen Masa Kecil

Bertepatan dengan Hari Anak Nasional yang jatuh pada hari ini, yuk kenang kembali permainan-permainan tradisional yang pernah dimainkan bersama teman-teman saat kecil. Favorit kamu yang mana nih?


Petak Umpet


Foto: Joglo Pos


Permainan sederhana yang satu ini nggak perlu peralatan kok. Para pemain hanya perlu mencari tempat bersembunyi yang aman sedangkan 1 orang pemain yang menutup mata dengan menghadap dinding atau pohon sambil berhitung. Setelah hitungan ke-10, 1 orang tersebut mulai mencari pemain yang bersembunyi. Mesti pintar bersembunyi biar nggak gampang ketahuan. Di mana tempat bersembunyi favoritmu?


Gundu
 

Foto: SuaraBojonegoro.com
 

Serunya main gundu atau kelereng bersama dengan teman-teman. Semua anak menaruh sebutir kelereng di lingkaran yang telah digambar di tanah. Kemudian semua anak berdiri secara bergantian melemparkan sebutir kelereng lainnya ke arah lingkaran.  Yang kelerengnya paling jauh dari lingkaran, diperbolehkan main terlebih dahulu. Kelereng yang berada di luar lingkaran digunakan untuk untuk memukul kelereng di dalam lingkaran keluar dengan cara dijentik. Jika berhasil, anak tersebut boleh menyimpan setiap kelereng yang kena. Koleksi kelerengmu bisa bertambah banyak.
 

Lompat Tali
 

Foto: bpmpd.ntbprov.go.id


Permainan ini bikin badanmu jadi lebih lentur. Lompat tali biasanya menggunakan karet gelang yang telah dirajut hingga menjadi satu tali. Dimulai dari pemasangan tali yang mudah dijangkau hingga yang paling sulit saat makin ke atas. Bulu kaki dijamin rontok saat main!


Engklek
 

Foto: great.sch.id


Pertama gambar di atas tanah ataupun di jalan 8 kotak dan setengah lingkaran pada bagian atas. Setelah diundi dengan hompimpa, pemain kemudian meloncat dari satu kotak ke kotak lainnya dengan satu kaki setelah ditentukan dengan batu, bebas boleh kaki kanan atau kaki kiri yang menjadi tumpuannya.


Bola Bekel
 

Foto: flickr


Permainan yang biasanya dilakukan oleh 4 orang ini menggunakan bola kasti, bekel atau batu-batuan maupun kerang. Permainan ini ada beberapa langkah, mulai dari mengambil satu biji bekel hingga enam biji bekel. Seru!


Ular Naga Panjang
 

Foto: liriklaguanak.com


Dalam permainan ini ditentukan siapa yang akan menjadi penjaga dua orang lalu sisanya berjalan melewati penjaga. Para pemain berjalan berbaris dengan tangan diletakkan di bahu teman yang di depannya, lalu berjalan melingkar melewati penjaga. Sambil berjalan para pemain menyanyikan lagu Ular Naga Panjang. Setelah nyanyian selesai maka penjaga menangkap satu orang dan pemain tersebut mesti keluar dari barisan.


Selamat Hari Anak Nasional! Kamu generasi millennial yang sudah punya anak pasti kangen banget main semua permainan ini, ya?! Bisa hidupkan suasana rumah dengan main bersama anakmu, lho!


Foto sampul: Banananina Magazine



(Frans Palangan)

Comments
Use a Facebook account to add a comment, subject to Facebook's Terms of Service and Privacy Policy. Your Facebook name, photo & other personal information you make public on Facebook will appear with your comment, and may be used on Starvision's media platforms. Learn more.